Poltekkes Kerta Cendekia Berdayakan Masyarakat dalam Penanganan Pertama Henti Jantung

Selasa, 28 Des 2021, 09:02:11 WIB - 49 View
Share
Poltekkes Kerta Cendekia Berdayakan Masyarakat dalam Penanganan Pertama Henti Jantung

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kerta Cendekia Sidoarjo dengan Tema Penanganan Pertama Tersedak dan Henti Jantung

Minggu, 19 Desember 2021. Poltekkes Kerta Cendekia Sidoarjo melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini bekerjasama dengan Joeragan Sociopreneur Smanisda (Joss) dalam rangka bazaar sembako murah alumni SMANISDA.

 

Ibu Ns. Dini Prastyo Wijayanti, S.Kep., M.Kep dan Ibu Ns. Meli Diana, S.Kep., M,Kes melakukan pelatihan dengan metode simulasi untuk memberikan pengetahuan dan melatih keterampilan masyarakat awam untuk melakukan pijat jantung dan penanganan pertama tersedak. Selain itu juga ada senam jantung dan cek kesehatan gratis. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai bentuk dari Tridharma Perguruan Tinggi dan sebagai implementasi dari visi misi Poltekkes Kerta Cendekia Sidaorjo.

 

Menurut Ibu N s. Dini Prastyo Wijayanti, S.Kep., M.Kep, henti jantung bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu penanganan kegawatdaruratan di luar rumah sakit oleh orang awam secara cepat dan tepat bisa meningkatkan survival penderitanya. Ibu Dini berharap banyak masyarakat awam yang mendapatkan pengetahuan serta bisa melakukan pertolongan pertama pada henti jantung terutama pada kondisi covid-19.

Antusias masyarakat sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan ini. Selain karena acara bazaar sembako murah yang dilakukan oleh JOSS, masyarakat juga antusias dengan kegiatan senam jantung sehat, cek kesehatan, serta mendapatkan pelatihan serta ilmu yang bermanfaat. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan

Kegiatan pengabdian masyarakat di lakukan dosen dan mahasiswa dari Poltekkes  Kertacendikia Sidoarjo pada Hari Minggu ( 19/12/2021) . Kegiatan ini juga melibatkan Joeragan Sociopreneur Smanisda (Joss) dalam rangka Bazar sembako murah alumni Smanisda. 
Kegiatan pengabdian masyarakat  ini sebagai bentuk dari Tridharma Perguruan Tinggi untuk memberikan pengetahuan dan melatih ketrampilan masyarakat awam untuk melakukan pijat jantung dan penanganan pertama tersedak. Selain itu juga dilakukan senam sehat jantung dan cek kesehatan gratis. 
Dosen Poltekkes Kerta Cendekia  bidang kegawatdaruratan dan keperawatan medikal bedah yaitu Dini Prastyo Wijayanti S.Kep.,Ns.,M.Kep dan Meli Diana, S.Kep.,Ns.,M.Kes melakukan pelatihan dengan metode simulasi .Kegiatan ini implementasi dari visi misi Poltekkes Kerta Cendekia.

Henti jantung bisa terjadi kapan saja dan dimana saja menurut Ns. dini Prastyo Wijayanti,S.Kep.,M.Kep sehingga penanganan kegawatdaruratan di luar rumah sakit oleh orang awam secara cepat dan tepat bisa meningkatkan survival penderitanya. Saya berharap banyak masyarakat awam yang mendapatkan pengetahuan serta bisa melakukan pertolongan pertama pada henti jantung terutama pada kondisi covid-19.

Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini dalam acara Bazaar yang dilakukan oleh Joss mereka  tidak hanya menikmati jajanan dan sembako murah. Tetapi juga olahraga senam jantung sehat, cek kesehatan serta mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

 

  1. Berita Di duta.co
  2. Berita Di lintasjatimnews.com
  3. Berita Di nuansarealitanews.com
  4. Berita Di gelorajatim.com
  5. Berita Di beritatrends.co.id
  6. Berita Di m.rri.co.id
  7. Berita Di arahjatim.com
  8. Berita Di sonaindonesia.com

Unidha
© 2022 Akademi Keperawatan Kerta Cendekia Follow Akper Kerta Cendekia : Facebook Twitter Linked Youtube