PPSM 2020 Di Masa Pandemi

Selasa, 22 Sep 2020, 18:40:14 WIB - 125 View
Share
PPSM 2020 Di Masa Pandemi

Di era masa pandemi Covid-19 yang kian menyebar luas mengakibatkan banyak perubahan yang terjadi, tidak hanya mengancam kesehatan tetapi berpengaruh pada pendidikan. Pada saat ini penggunaan teknologi berbasis daring salah satu jalan keluar untuk memfasilitasi program pendidikan. Akan tetapi masa pandemi tidak menghalangi Akper Kerta Cendekia untuk melaksanakan beberapa programnya. Salah satunya yaitu Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM), agenda rutin yang diselenggarakan setiap awal tahun ajaran baru. Kegiatan ini dilaksanakan setelah proses penerimaan mahasiswa baru.

Kegiatan PPSM ini dilaksanakan oleh BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Akper Kerta Cendekia. “PPSM tahun ini menggunakan konsep offline dan online karena masih dalam masa pandemi Covid-19”, Ujar Marita Milenia Presiden BEM Akper Kerta Cendekia. Kegiatan PPSM ini berlajan selama lima hari dimulai pada tanggal 14 September – 18 September 2020. Konsep offline digunakan untuk Pra PPSM dikampus selama dua hari, dengan mendatangkan setengah dari mahasiswa baru untuk hari pertama dan setengahnya lagi untuk hari kedua. Selain itu BEM Akper Kerta Cendekia juga menyediakan protokol kesehatan yang sangat ketat seperti menyediakan tempat untuk cuci tangan sebelum memasuki wilayah kampus, membagikan face shield dan masker, melakukan cek suhu dan menjaga jarak untuk mahasiswa baru selama Pra PPSM berlangsung. Untuk PPSM menggunakan konsep online dilaksanakan dirumah masing-masing mahasiswa. Materi tetap diberikan melalui aplikasi zoom dan juga tidak terlepas dari tugas yang diberikan.

Kabag Kemahasiswaan Akper Kerta Cendekia Ns. Dini Prastyo Wijayanti, S.Kep., M.Kep mengatakan bahwa PPSM tahun ini memang berbeda karena kita harus beradaptasi dengan kondisi di era new normal. “New normal berarti New PPSM 2020” Ujarnya. Beliau juga berharap PPSM di tahun berikutnya dilakukan secara tatap muka seperti sebelumnya dengan memunculkan ide dan kreatifitas baru dari mahasiswa karena PPSM ini adalah pengenalan kehidupan kampus dan juga peralihan dari siswa menjadi mahasiswa.

Tujuan diadakannya kegiatan PPSM ini adalah untuk mempersiapkan fisik, mental, sosial, dan kultur mahasiswa baru dalam memasuki kehidupan dan lingkungan baru dikampus Akper Kerta Cendekia. Selain itu kegiatan ini bermanfaat untuk mendorong minat dan pengembangan bakat mahasiswa untuk menghasilkan karya nyata yang berguna bagi perkembangan Akademi Keperawatan Kerta Cendekia. Dengan pelaksanaan kegiatan PPSM ini diharapkan terjalin ukhuwah antar sesama mahasiswa serta mengikuti perkuliahan dari pertama hingga akhir menyelesaikan studi tepat waktu.

Unidha Akademi Keperawatan Kerta Cendekia merupakan perguruan tinggi swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Kerta Cendekia Sidoarjo. Berdiri sejak tahun 2003, Akper Kerta Cendekia tumbuh menjadi perguruan tinggi yang berkualitas, menghasilkan tenaga kesehatan profesional, dan siap bersaing di dunia global. Telah terakreditasi Prodi B oleh LAM PT-Kes, Akper Kerta Cendekia siap menyongsong perubahan dunia kesehatan yang berbasis revolusi industri 4.0
© 2020 Akademi Keperawatan Kerta Cendekia Follow Akper Kerta Cendekia : Facebook Twitter Linked Youtube