Semua Orang Bisa Jadi Penolong

Kamis, 12 Des 2019, 09:45:39 WIB - 369 View
Share
Semua Orang Bisa Jadi Penolong

Pada hari Rabu , tanggal 04 Desember 2019, segenap dosen dan mahasiswa Akper Kerta Cendekia, besrta anggota KSR (Korps Suka Relawan) dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) melakukan kegiatan Pengabdian Msyarakat kepada kader kesehatan dan karang taruna di desa Rangkah Kidul Kelurahan Rangkah Kidul, Kecamatan Sidoarjo. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini bertemakan “ Pembekalan Basic Life Support (Bantuan Hidup Dasar ) kepada kader kesehatan dan karang taruna desa Rangkah Kidul Sidoarjo “ . Kegiatan ini dihadiri oleh kader dan karang taruna desa Rangkah Kidul. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Lurah dan perangkat desa Rangkah Kidul. Kegiatan ini juga bertujuan melatih peserta untuk secara langsung melakukan pertolongan pertama pada kegawatdaruratan. Kemampuan pertolongan kegawatdaruratan sehari-hari merupakan kewajiban yang harus dimiliki oleh semua orang, bukan hanya tenaga kesehatan. Masyarakat awam diharapkan juga mampu untuk melakukan pertolongan kegawatdaruratan di lingkungannya. Kader atau masyarakat merupakan garda terdepan dalam menangani kegawatdaruratan yang ada di sekitar tempat tinggal mereka. Kegawatdaruratan yang membutuhkan penanganan segera misalnya, penanganan pada korban kecelakaan dan bantuan hidup dasar. Kunci keberhasilan penanganan kegawatdaruratan tergantung pada kecepatan dan ketepatan penolong dalam memberikan pertolongan. Korban diharapkan sudah mendapatkan pertolongan pertama minimal 10 menit setelah kegawatdaruratan terjadi.
Kegiatan pelatihan dibuka oleh Bapak H.Warlheiyono selaku Lurah Desa Rangkah Kidul. Beliau mengatakan sangat senang dengan adanya kegiatan ini, mengingat daerah DESA Rangkah Kidul sering terjadi kecelakaan lalu lintas.

Kegiatan pengabdian masyarakat diawali dengan penyampaian materi tentang pertolongan pada korban kecelakaan yang disampaikan oleh Ns. Meli Diana, SKep.Ns.MKes. dengan mengambil judul “ Jadilah Penolong”. Kemudian materi berikutnya disampaikan oleh Ns. Dini Preastyo S.Kep.MKep dengan tema Bantuan Hidup Dasar . dan kegawatdaruratan sehari-hari yang disampaikan oleh Gazali Rahman, S.Kep. Penyampaian materi dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi bersama dengan warga dan demonstrasi langsung pertolongan pertama pada kegawatdaruratan. Setiap peserta diberikan kesempatan untuk melakukan pertolongan pertama pada kegawatdaruratan sesuai dengan arahan fasilitator.

Kegiatan dapat berlangsung dengan baik dan tertib, peserta cukup antusias selama pelaksanaan kegiatan, peserta juga tampak bersemangat mengikuti pelatihan. Setelah kegiatan berakhir, mahasiswa berkesempatan untuk melakukan wawancara dengan salah satu peserta, dan beliau mengatakan merasa sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Beliau berharap kedepannya Akademi Keperawatan Kerta Cendekia dapat melakukan kegiatan lainnya yang bermanfaat di Lingkungan Desa Rangkah Kidul Surabaya.

ris.

 

 

Unidha Akademi Keperawatan Kerta Cendekia merupakan perguruan tinggi swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Kerta Cendekia Sidoarjo. Berdiri sejak tahun 2003, Akper Kerta Cendekia tumbuh menjadi perguruan tinggi yang berkualitas, menghasilkan tenaga kesehatan profesional, dan siap bersaing di dunia global. Telah terakreditasi Prodi B oleh LAM PT-Kes, Akper Kerta Cendekia siap menyongsong perubahan dunia kesehatan yang berbasis revolusi industri 4.0
© 2020 Akademi Keperawatan Kerta Cendekia Follow Akper Kerta Cendekia : Facebook Twitter Linked Youtube