Ujian Laboratorium

Sabtu, 26 Sep 2020, 14:01:28 WIB - 224 View
Share
Ujian Laboratorium

Mewabahnya virus corona membuat keadaan menjadi tak sama seperti biasanya, banyak berubahan yang telah terjadi pada tahun ini. Pengurangan dan Peniadaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kampus dinilai menjadi keputusan yang tepat untuk mengurangi kontak dan mengurangi kerumunan massa (Social and Physical Distancing) pada masa pandemi Covid-19. Tetapi hal itu tidak menjadi penghalang bagi Akper Kerta Cendekia untuk melakukan kegiatan seperti Ujian Laboratorium yang diupayakan untuk tetap berjalan dengan melakukan berbagai penyesuaian dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ujian Laboratorium ini dilaksanakan setalah mahasiswa melakukan praktek laboratorium mandiri dengan dosen pembimbingnya masing - masing. Praktek laboratorium Akper Kerta Cendekia merupakan perwujudan dari penjabaran kurikulum pendidikan keperawatan guna membekali mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu dimasyarakat berdasarkan kompetensi yang dimiliki dengan penggunaan metode bimbingan yang tepat akan membantu pancapaaian tujuan tersebut. Praktek laboratorium sangat penting bagi mahasiswa karena untuk memperoleh pengalaman yang konkrit, menguji coba materi yang disampaikan dengan prosedur yang tepat sehingga ketika mahasiswa praktik dilapangan berhadapan dengan manusia akan terhindar dari malpraktek.

Setiap praktek laboratorium akan diujikan nantinya pada akhir semester karena ujian laboratorium ini adalah salah satu kegiatan Akper Kerta Cendekia untuk menunjang nilai akademik. Ujian laboratorium ini diselenggarakan selama empat hari dari tanggal 21 September - 24 September 2020 dengan ketentuan mahasiswa harus tetap menjaga jarak, memakai masker, fice shield, dan cek suhu sebelum masuk ruang laboratorium karena masih dalam pandemi Covid-19. Mahasiswa yang mengikuti ujian laboratorium harus memenuhi persyaratan yaitu kehadiran 100% dari praktik laboratorium mandiri dengan dosen pembimbing masing - masing.

Laboratorium Akper Kerta Cendekia telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang disesuaikan dengan kondisi di rumah sakit seperti manekin/boneka yang struktur anatomi dan fungsinya mirip dengan anatomi dan fungsi manusia sesungguhnya sehingga memudahkan mahasiswa dalam pembelajaran. Dengan diadakannya Ujian Laboratorium ini diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan skill keperawatan dan mencetak lulusan yang profesional dan kompeten dalam tindakan kegawatdaruratan seperti Visi dan Misi Akper Kerta Cendekia.

Unidha Akademi Keperawatan Kerta Cendekia merupakan perguruan tinggi swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Kerta Cendekia Sidoarjo. Berdiri sejak tahun 2003, Akper Kerta Cendekia tumbuh menjadi perguruan tinggi yang berkualitas, menghasilkan tenaga kesehatan profesional, dan siap bersaing di dunia global. Telah terakreditasi Prodi B oleh LAM PT-Kes, Akper Kerta Cendekia siap menyongsong perubahan dunia kesehatan yang berbasis revolusi industri 4.0
© 2020 Akademi Keperawatan Kerta Cendekia Follow Akper Kerta Cendekia : Facebook Twitter Linked Youtube